Selasa, 17 Februari 2015

Tanda-tanda Kehamilan



Bismillah,

yeaayy... ini  postingan pertama di tahun 2015.. huhuhu telaaat bingiitt... lagi suka apdet di Instagram hihi.. jangan lupa follow @vianawahyu_ juga yaaa :D semoga bisa menjadi semangat awal menerbitkan lahirnya cita-cita Viana di bidang medis, Aamiin...

my own pic on instagram @vianawahyu_


TANDA-TANDA KEHAMILAN
By : Viana Wahyu, Amd. Keb

Kepada-Nya lah dikembalikan pengetahuan tentang hari Kiamat. Dan tidak ada buah-buahan keluar dari kelopaknya dan tidak seorang perempuan pun mengandung dan tidak pula melahirkan, melainkan dengan sepengetahuan-Nya...” QS Al Fussilat : 47

Kehamilan adalah masa yang ditunggu-tunggu dan anugerah terindah bagi seorang perempuan. Tapi terkadang  adanya harapan yang tinggi akan kehamilan, menyebabkan adanya kesalahan mengetahui tanda kehamilan itu sendiri. Yukkk ah belajar apa saja sih tanda-tanda kehamilan itu, simak yaaaa...

TENTANG KEHAMILAN

Lamanya kehamilan dimulai dari proses ovulasi (keluarnya sel telur) hingga persalinan, yang kurang lebih terjadi dalam waktu 280 hari / 40 minggu dan tidak lebih dari 300 hari/ 43 minggu. Kehamilan cukup bulan dengan lama 40 minggu; kehamilan lebih dari 43 minggu (ada juga sumber yang menyebutkan 42 minggu) sebagai kehamilan postmatur/ post date; dan kehamilan antara 28-36 minggu disebut kehamilan prematur. (Wiknjosastro, Hanifa. 2002). 


Dari periode kehamilan, terbagi menjadi 3 masa, yaitu trimester pertama (0-12 minggu), trimester kedua (12-28 minggu) dan trimester ketiga (28-40 minggu). 

TANDA-TANDA KEHAMILAN

Tanda Relatif : hal ini dikatakan demikian karena kadang tidak dialami oleh seluruh perempuan.
1. Tidak adanya haid. Hal ini penting untuk selalu mencatat atau mengetahui kapan HPHT atau hari pertama haid terakhir, untuk menentukan usia kehamilan dan menentukan taksiran persalinan.
2.  Mual dan muntah di pagi hari, yang biasa disebut juga dengan morning sickness. Umumnya terjadi pada awal kehamilan, bila melebihi dari trimester pertama bisa mengakibatkan gangguan kehamilan.
3. Payudara membesar dan tegang serta lebih peka. Bintil-bintil di sekitar puting juga lebih nampak jelas.
4. Tidak ada nafsu makan, biasanya terjadi pada awal-awal kehamilan. Seiring tuanya usia kehamilan, maka nafsu makan akan kembali membaik bahkan meningkat dari biasanya.
5. Sering buang air kecil pada trimester awal yang disebabkan karena rahim yang mulai membesar menekan kandung kemih. Akan menghilang pada trimester kedua dan kembali timbul pada trimester akhir. 
6. Adanya pigmentasi kulit/ warna kulit yang menghitam pada wajah, leher, areola (bagian lingkaran yang lebih gelap pada payudara) juga pada daerah perut.
7. Varises, sering dijumpai pada trimester akhir pada daerah kemaluan, kaki dan betis.

Tanda Pasti Kehamilan
1.       Adanya reaksi positif pada tes kehamilan, yang menunjukkan adanya hormon chorionic gonadotropin (HCG) melalui tes urine pertama di pagi hari. 
2.       Adanya kontraksi pada rahim *dilakukan oleh tenaga medis yaaa...
3.       Adanya gerakan janin. Pada perempuan yang baru hamil untuk pertama kali, gerakan janin ini bisa dirasakan pada usia kurang lebih 18 minggu, sedangkan pada bumil yang hamil untuk kedua kali atau lebih bisa dirasakan kurang lebih pada usia 16 minggu.
4.       Adanya denyut jantung janin *diperiksa oleh tenaga medis.
Pada pemeriksaan gerakan janin dan denyut jantung janin untuk masa yang kian canggih ini bisa lebih dini diketahui melalui USG yang kian kompleks dimensinya. Jadi keakuratan kehamilan bisa lebih dini diketahui.


TIPS Program Kehamilan
1.       Do’a
Senjata utama dan pertama yang harus dilakukan oleh siapa pun. Do’a tentang meminta keturunan ini bisa kita teladani dari kisah Nabi Zakaria yang kita temukan pada QS Ali Imran : 38 (*ceki sendiri yaa lafadznyaaa ^_^) atau pada QS Ibrahim : 40-41 tentang kisah teladan Nabi Ibrahim dan juga pada QS Al Furqan : 74 serta QS Al Ahqaf : 15
2.       Pola hidup dan makanan
  • Jaga berat badan ideal. Kurang atau berlebihnya berat badan bisa berpengaruh pada proses ovulasi.
  • Pilih makanan yang segar dan alami, kurangi yang instant-instant yaaa say J
  • Perbaiki pola makan, dengan menerapkan pola gizi berimbang. Konsumsi karbo kompleks, hindari banyak lemak, perbanyak protein nabati, konsumsi susu fullfat (lemak penuh) dan hindari produk susu rendah lemak, konsumsi minimal 0,4 mg asam folat tiap hari, perbanyak vitamin, hindari makan terong, dan hindari rokok, kafein serta alkohol, hindari kegemukan.
  • Hindari stress.
3.       Posisi hubungan badan, posisi yang ampuh ketika menerapkan ‘rahasia bantal’ di bawah badan perempuan.* keterangan detail japri aja yaaa...
4.       Bisa juga dengan terapi herbal yang direkomendasikan dan aman digunakan.

Daftar Pustaka
Wiknjosastro, Hanifa. 2002. Ilmu Kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo

Nurul A., Viana W., dkk. 2011. Ya Allah, Beri Aku Satu Saja. Jakarta : QultumMedia

Depok, 180215 / http://penaviana.blogspot.com / @vianawahyu_ 

Silahkan share dengan menautkan link dari sini yaa sahabat... Nuhuuunn ^_^

1 komentar:

  1. Informasinya bermanfaat mbak. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus