Kamis, 02 Oktober 2014

Jum'at Mewangi, antara Jalanan dan Sekolah

 
Pic from gardenfly.wordpress.com


 Jum'at Mewangi, antara Jalanan dan Sekolah
  ^ Viana Wahyu ^


Jum'at di Jalanan

Kalau Jum'at ituuh....Jalanan mewangiiiiii....

Itu selalu yang jadi khas kalau keluar rumah tiap hari Jum'at siang mendekati atau selesai momen Jum'atan. Sepanjang jalanan itu wangiii bangeet dah. Ampe mabok hihi.

Kadang Jum'at siang usai sekolah ada urusan karena mendekati weekend dan seringnya tiap Jum'at menjadi hari kumpulan reward buat Azzam setelah seminggu sekolah. Entah dengan mengajaknya jalan meski sekedar ke tempat main anak dan makan di luar (tanpa ayah yang masih di kantor heuheu), kalau dulu pas di Play Group sih Jum'at waktunya jalan-jalan ke kantor Ayah di Jakarta dengan naik commuter line atau kadang usai Jum'atan sudah cuzz menuju holiday :D Jadinya seringnya tiap Jum'at siang menjadi penikmat jalan wangi... Hmmm... 

Jum'at itu pesona wangi yang bertebaran di muka bumi #Viana



Memang indah ya, Allah mengatur semua urusan dalam Islam, khususnya dalam hari Jum'at yang memang banyak pengkhususan dan keutamaan-keutamaannya. Mulai dari membaca Al Kahfi, pengajian-pengajian yang banyak digelar tiap Jum'at atau malam Jum'at, sunah hari Jum'at yang lainnya dan terlebih lagi dengan keberadaan Sholat Jum'at. 

Sholat Jum'at itu rasanya indaaah bangeeet, selain hati adem melihat banyaknya bapak-bapak dan khususnya anak-anak laki-laki yang diajak ayahnya Sholat Jum'at dengan memakai baju koko dan peci imut (Azzam juga imut loh kalau pake koko... Ayahnya aja kalaaah telak xixi), juga karena pas siang yang panas itu jarang ada perempuan lewat atau melintasi jalanan* kecuali Vi ama Azzam.. duh "_"

Coba kalau tiap hari itu Jum'at yaaa...
coba kalau pakaian tiap hari itu serapih saat Jum'at...
coba kalau jalanan mewangi itu tiap hari... *banyaknya tumbuhan yang berbunga dunk di sepanjang jalanan, bukan dari tumpahan minyak wangi penjual parfum

Dan... kalau hari Jum'at itu rasanya, iriiiii bangeeet... !!

Asli iri dengan laki-laki yang bisa menikmati hari raya Jum'at dengan khidmat dan semangat... Alih-alih ingin ikutan Sholat Jum'at di masjid, jama'ah perempuan saat Jum'atan itu masih langkaaaa bangeet, selain saat masa-masa Vi sekolah di Ngawi dulu yang bisa ikut Jum'atan di Masjid Agung sebelah alun-alun Merdeka. Adanya perempuan yang ke masjid saat Jum'atan aja sudah aneeh, hiks.

Tapi dinikmati saja dengan ikut sholat Jum'at meski hanya menapak tilas jalanan yang mewangi itu saja... Pun jika ingin ikut mendengar khutbah Jum'atnya bisa disimak dari toa masjid sebelah rumah yang suaranya kenceng.

Dan, satu lagi... mungkin yang harus tetap disyukuri dengan hanya bisa ikutan hari raya Jum'at saat kaum lelaki Jum'atan ialah, ketika melintas di jalanan itu berasa menjadi bidadari bumi yang bertebaran#lebaydotcom. Sebab memang jarang ada ibu-ibu yang melintas entah dengan motor atau berjalan. Dan walaupun ngerasa jadi bidadari (ngerasa aja niih) teteup kalau keluar rumah saat Jum'atan lebih nyaman dengan memakai slayer dan kaca helm tertutup plus dengan kawalan bodyguard kasep dunk, cah bagus Azzam imoet dah.

Jum'at di Sekolah



Karena Azzam juga sudah masuk bagian dari dunia pendidikan meski baru tahap usia pra-SD, namun tiap Jum'at pun juga ada pengkhususan. Bukan masalah pada bajunya sih, seperti yang anak-anak pada jenjang sekolah lebih tinggi, tapi pada kebiasaan berinfaq tiap Jum'at yang nantinya dikumpulkan untuk tabungan setahun anak-anak, yang misalnya bisa jadi tambahan uang Qurban.

Dan sempat ada cerita dari teman-teman yang memiliki adik-adik di bangku sekolah lanjutan, bahwa tiap Jum'at yang awalnya adalah jadualnya mengenakan baju muslim lalu diganti dengan baju adat. Namun, alhamdulillah kebijakan mengganti baju muslim di hari Jum'at dengan baju adat dibatalkan. Siswa tetap mengenakan baju muslim. 

Alhamdulillaah... tambah lagi satu hal yang adem ^_^

Kalau di Depok sih, hari Jum'at tetap mewangi dengan seragam anak-anak yang mayoritas memakai baju muslim, dan mungkin di seantero Jawa Barat. Moga di daerah lain juga demikian.

Jum'at mewangi...
dan semoga wanginya bukan semata di jalan dan di sekolah, tapi juga di negeri ini...
Indonesia yang mayoritas muslim harus menjadi contoh keteladanan dan kebaikan bagi semesta bumi
dan yang mewangi bukan hanya di Jum'at, tapi setiap hari ^_^

Happy Jum'at Mubarok.... \ ^_^/

1 komentar:

  1. hahaha iyaa jumat memang biasanya busana muslim identiknya

    BalasHapus