Kamis, 02 Oktober 2014

Cara Tethering Wi-Fi Samsung Galaxy Grand Duos *edisi emak-emak

My partner


Meski sebagai emak-emak, gadget bukanlah barang nomor satu karena masih terkalahkan oleh cobek (ulek-ulek ; Jawa), belum lagi dengan keberadaan anak yang harus tetap dinomor satukan, juga suami yang juga tak boleh dikalahkan kehadirannya (bakal repot kalau suami ngambek xixi). So, kali ini Vi coba ngulek eh ngulik tentang gadget deh... Meski kapasitas pemahamannya masih jauuh dari paham, sekedar tahu mungkin, tapi lebih tepatnya dibilang nekat untuk tahu :D

Jadi di sini pembahasannya sesuai dunia emak-emak aja yaa... Silahkan gugling lebih detail untuk mengetahui bahasa gadgetnya yang baik dan benar ^_^

Wi-Fi Tethering
* eh atau kebalik ya istilahnya... Sok aja yah... pokoknya yang pake bumbu Wi-Fi ama ulekan Tethering dah..

Bahan- bahan yang disiapkan *udah kayak mo cooking ajaah :
  • Secangkir pengetahuan tentang Wi-Fi
  • Handphone atau smartphone plus otak yang berusaha smart jugah ^_^
  • Laptop atau perangkat yang mau dikoneksikan






Istilah Wi-Fi sendiri berarti kemudahan nge-net nirkabel atau tanpa melalui kabel (hasil kesimpulan belajar ke mbah Gugel). Jadi kalau zaman dulu mesti nyolokin modem yang kalau pengalaman Vi sendiri sampe jebol tuh modem berkali-kali ganti, baik modemnya ataupun operatornya (kantong juga jebol kali yeeee ) maka zaman cobek digital gini tak perlu susah-susah. Jika saat keluar rumah menemukan tanda Wi-Fi naah, itu bisa menjadi sarana  ngenet gratis buat kita. Aseek. Meski kebanyakan yang menyediakan Wi-Fi gratis itu tempat duduknya berbayar :D

Naah, karena lagi, zamannya gadget udah kian bejibun, mulai yang dari Android, beri hitam, froyo, roti jahe, dan lain-lain yang Vi sebagai emak-emak sudah pusiing untuk mengetahui lebih njlimet (udah njlimet ngurusin anak n jadual arisan dan ketemuan emak-emak di sana-sini soale :D), yang Alhamdulillah-nya Vi dibelikan hp Samsung Galaxy Grand Duos edisi perdana, sekitar jelang akhir tahun 2013. Yang edisi baru-baru lebih cliingg yah, tapi so far sebenarnya ga jauh beda kontennya hanya ada pembaruan yang lebih praktis biasanya. Kayak suami yang make Samsung Galaxy Grand Duos edisi abis Lebaran 2014 lebih keceeeeh. Maka menjadi wajib bahwa segala yang menjadikan kemudahan dari si hengpon harus dikuasai dan dieksploitasi sehabis-habisnya, hihi. Biar emaknya Azzam lebih eksis bin narsis (upss) plus biar Ayah yang beliin ga mubadzir karena istrinya bisa memanfaatkan sebaik-baiknya (cieeh).

So, kalau mau ngenet, asal si hengpon *sekarang mah udah lebih canggih-canggih ya*dibawa, in sya Allah kalau mau ngenet di mana aja mah gampaaang... segampang bikin sambel, hihi.

Cara Mengaktifkan Tethering Wi-Fi

1. Bismillah dulu yaaaa..





2. Masuk ke bagian menu "Setting/ Pengaturan" atau kalau pengen lebih cepat sih dari panel notifikasi dengan menariknya ke bawah dan masuk ke pengaturan yaaa.


Panel Notifikasi : pilih yang ada tanda roda bergerigi di bagian paling atas



3. Pilih bagian "Koneksi" dan pilih serta langsung klik bagian "Jaringan Lainnya"
Ngekliknya pake jempol cantik atau telunjuk manis yaaa ibu-ibu ^_^


Tampilan koneksi pada menu pengaturan, klik yang Jaringan lainnya


4. Langsung arahkan mata, jangan lirik yang lain yaaaa... Pilih yang "Tethering dan Portable Hotspot"
Klik "tethering dan portable hotspot"



5. Aktifkan Hotspot Wifi Portable dengan menggeser tanda dari off ke on.
Horeee udah nyala ijoo tuh si Wi-Fi



6. Jadi deeeh... Selamat berselancar di dunia mayaaa ya emak-emak.. Mau buka lepi buat nulis atau dodolan juga bisa ajaaaa... dan ga perlu repot-repot.


Udah tersambung... yeaaay !

Eitts... tapi sebelumnya perlu dikonfigurasi alias diatur dulu yaa nama perangkat buat jadi Wi-fi portable. Kalau di Viana itu yang muncul adalah "VianaAzzam" yang passwordnya tentu bisa diatur juga untuk emak-emak yang mau nyetting :)

Cara Mengkonfigurasi Hotspot Wi-Fi Portable Tethering
1. Klik bagian yang untuk mengaktifkan atau menonaktifkan *bukan untuk on/off yaa... tapi klik pada nama yang menunjukkan Hotspotnya

2. Tekan tombol konfigurasi di pojok kanan

3. Isi pada SSID Jaringan dengan nama yang diinginkan. Kalau Viana dengan nama "VianaAzzam" dan passoword saja. Lainnya ga usah dilirik apalagi diutak-atik. Biarkan saja.

3. Save

Udah deeeh gitu aja.... Maaf yaa ga ditampilin konfigurasinya soalnya belum canggih buat memblurkan yang susah untuk diedit-edit lagi*kudet.



Cara Menon-aktifkan Tethering Wi-Fi

1. Buka panel notifikasi atau kembali masuk ke bagian setting dan ikuti langkah kebalikan dari cara mengaktifkannya.

Kalau buka dari panel notifikasinya sih lebih gampang, langsung ketuk bagian yang menunjukkan tanda Wi-Fi (radar biru ke atas) maka langsung akan masuk ke bagian On/Off Wi-fi Tethering Portable Hostpot.


TIPS
Jangan pernah ragu untuk mencoba, yakin bisa dan pasti bisa ! Kadang semua keberhasilan bermula dari kenekatan (pengalaman sendiri)

Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan pada yang lebih paham :)


Yuukkk... jadi emak-emak melek gadget... Kalau ada yang salah, dengan senang hati menerima masukan dan tambahan ilmu ^_^

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi

http://www.jaringankomputer.org/wifi-adalah-wireless-lan-carakerja-sejarah-wifi/

http://obengplus.com/artikel/articles/94/1/Tethering-atau-Portable-WIFI-Hotspot-dari-Smartphone.html

0 komentar:

Posting Komentar