Jumat, 28 Desember 2012

Sabar dan Ikhlas

Sabar itu tak berujung

Ikhlas itu tak bertepi

Hanya do'a yang kujunjung

Untuk berserah diri pada titahMu, Robbi
:: Viana Wahyu ::
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Kamis, 27 Desember 2012

About IKHLAS

Ikhlas itu...
Ikhlas itu...

Ikhlas itu…. Ketika nasehat, kritik dan bahkan fitnah , tidak mengendorkan amalmu dan tidak membuat semangat punah.

Ikhlas itu… ketika hasil tak sebanding usaha dan harapan, tak membuatmu menyesali amal dan tenggelam dlm kesedihan.

Ikhlas itu… Ketika amal tidak bersambut apresiasi sebanding, tak membuatmu urung bertanding.

Ikhlas itu… Ketika niat baik disambut berbagai prasangka, kamu tetap berjalan tanpa berpaling muka.

Ikhlas itu… Ketika sepi dan ramai, sedikit atau banyak, menang atau kalah, kau tetap pada jalan lurus dan terus melangkah.

Ikhlas itu… ketika kau lebih mempertanyakan apa amalmu dibanding apa posisimu, apa peranmu dibanding apa kedudukanmu, apa tugasmu dibanding apa jabatanmu.

Ikhlas itu.. ketika ketersinggungan pribadi tak membuatmu keluar dari barisan dan merusak tatanan.

Ikhlas itu… ketika posisimu di atas, tak membuatmu jumawa, ketika posisimu di bawah tak membuatmu ogah bekerja.

Ikhlas itu… ketika khilaf mendorongmu minta maaf, ketika salah mendorongmu berbenah, ketika ketinggalan mendorongmu mempercepat kecepatan.

Ikhlas itu… ketika kebodohan orang lain terhadapmu, tidak kau balas dengan kebodohanmu terhadapnya, ketika kezalimannya terhadapmu, tidak kau balas dengan kezalimanmu terhadapnya.

Ikhlas itu… ketika kau hadapi wajah marah dengan senyum ramah, kau hadapi kata kasar dengan jiwa besar, ketika kau hadapi dusta dengan menjelaskan fakta.

Ikhlas itu…. Gampang diucapkan, sulit diterapkan….. namun tidak mustahil diusahakan….

Semoga setiap amal kita selalu dalam keikhlasan, Allahumma amien!

(Nasehat ust Agung Cahyadi, Lc, MA)
:: Viana Wahyu ::
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Kamis, 20 Desember 2012

Bls: [Rumah Pena Viana] Komentar baru di Sayur Jantung Pisang.

Aamiin. Trima kasih kunjungannya
:: Viana Wahyu ::
Powered by Telkomsel BlackBerry®

From: Toko Online Kalistajaya <noreply-comment@blogger.com>
Date: Fri, 21 Dec 2012 00:24:30 +0000
To: <beedone.viana@gmail.com>
Subject: [Rumah Pena Viana] Komentar baru di Sayur Jantung Pisang.

Toko Online Kalistajaya telah membuat komentar baru pada posting Anda "Sayur Jantung Pisang"

mg berguna bg pembaca..



Diposkan oleh Toko Online Kalistajaya ke Rumah Pena Viana pada 20 Desember 2012 16:24

Rabu, 19 Desember 2012

Aku
Terduduk di sini
Di atas ranting pohon yang dahannya belum menyentuh awan
Hanya bisa memandang kepak sayap-sayapmu, kawan-kawan
Yang mengangkasa membelah cakrawala

Kau
Memandang lurus ke arah horizontal sebab kau telah sejajar dengan awan

Dan Aku
Memandang lurus ke arah vertikal
Sebab aku hanya bisa menumpang pada dahan yang tumbuh ke atas

Kau
Ingin menjangkau matahari

Dan Aku
Hanya ingin membelai awan
:: Viana Wahyu ::
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Senin, 17 Desember 2012

DLers vs Traveler

Hihi jadi senyum-senyum pas nemu judul postingan ini. DLers vs Traveler. It's mean me n my hubby.
DL artinya dinas luar.

Aku yang sukanya berpetualang (apalagi pas masa muda dulu, maaakkk) dan bepergian ke tempat-tempat baru yang menantang, narsis dengan poto-poto dan suka mengambil angel obyek yang tidak biasa, sedang suamiku tidak suka jalan-jalan, tidak suka narsis-narsisan (tapi belakangan aku berhasil menularkan virus ini hihihi), tidak suka memotret-motret.

Tapi yaaa memang hokinya suami kali ya, dia sering ditugaskan ke kota-kota yang sampai saat ini masih jadi impianku. Sebut saja ke Makassar, Padang, Aceh, Manado dengan Bunakennya (untung belum ke Raja Ampat heuheu), dan ke luar negeri pula, ke Singapura dan kapan lalu ke Korea. Heuheuuu nangis gerung-gerung deh ga diajak* tiketnya mahalll bo' minimal 9juta berangkatnya aja :)

Yaah, Allah pasti punya rahasia yang indah di balik dinamisasi antara aku dan suami. Dan rupanya hal ini sukses menumbuhkan 'dendam'ku untuk menabung sebanyak-banyaknyaaaa agar kelak aku dan Azzam pun bisa jalan-jalan keliling Indonesia dan dunia, dengan ayah juga tentunya, malah nanti aku yang bayarin suami wkwkwkwk.

*edisi geje ditinggal suami DL lagi


:: Viana Wahyu ::
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Minggu, 16 Desember 2012

Sayur Jantung Pisang

:: Viana Wahyu ::
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Sayur Jantung Pisang

Ngidam pengen jantung pisang, pas ke pasar tradisional musti muter-muter dulu nyari si buah (eh sayur ya?) yang berwarna merah tua ini.

Akhirnya begitu nemu langsung deh masak si jantung pisang buat jantung hatiku yang juga kangen masakan ibu di kampung (mertua aye). Aku pengen bikin gulai jantung pisang, dia pengen bikin sayur semacam botok. Hmm berhubung jantung pisangnya kecil jadilah aku mengalah untuk membuatkan suamiku sayur yang dimaunya ;)

RESEP :

Bahan :
* jantung pisang. Kelupas sisi kulit pembungkus jantung pisang yang berwarna merah hingga bertemu jantung yang berwarna putih kekuningan. Sisihkan kulit yang berwarna merah tadi jika ingin dipakai untuk wadah penyajian.
* tempe dipotong dadu kecil-kecil

Bumbu :
* bawang merah 5 siung
* bawang putih 2 siung
* ketumbar 1/2 sdt
* kemiri 3 butir (atau bisa juga diskip trus diganti santan)
* daun jeruk 2-3 lembar
* lengkuas satu ruas jempol digeprek
* garam
* gula
----» haluskan semua bumbu

Cara :

1. Cacah atau rajang jantung pisang sesuai selera. Rebus dalam air panas dan garam agar getahnya hilang. Setelah itu buang airnya.
2. Tumis bumbu halus hingga harum
3. Tambahkan air lalu masukkan tempe dan jantung pisang yang telah direbus hingga matang. *jika tadi memakai santan, tambahkan santan dan aduk.
4. Setelah matang, rasanya pas masakan sayur jantung pisang pun siap disajikan.


:: Viana Wahyu ::
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Kamis, 06 Desember 2012

9M

Bersama hujan yang menitipkan gelisah pada desau angin,
Berkali-kali kutiupkan kerinduan pada namamu lewat bulir dingin
yang meleleh dari sudut penglihatan

Allah,
Kueja kasihMu lewat anak tangga kesabaran
Kueja rahmatMu meski kulalui dengan beragam ujian
Meski kerinduan itu terlalu menyekap kesadaran
Menantikan detakmu dalam ruang kokoh di tubuhku
Yang kami menamakannya keajaiban cinta dalam 9M ^^
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Selasa, 04 Desember 2012

Mengungkap Karakter Seseorang Melalui Golongan Darah

Intip-intip yuukk kepribadianmu berdasar golongan darah. Ini berlaku buat golongan darah sistem ABO, alias golongan darah A, B, AB atau O. Yang golongan darah biru tak ada di sini xixixi.
Secara umum, golongan darah manusia dibagi kedalam golongan A, O, B, AB. Keempat golongan darah itu dipercayai memiliki keunikan dan kecenderungan masing-masing, yang mempengaruhi karakter seseorang dan berdampak pada karir mereka masing-masing pula. Berikut ini adalah hasil penelitian tentang golongan darah di Jepang yang saya peroleh dari beberapa sumber:

SIFAT SECARA UMUM :
A : Terorganisir, jiwa kerja sama yang tinggi, konsisten, tapi selalu cemas(krn perfeksionis) yg kadang bikin org mudah sebel, kecenderungan Politik : " Destra "
B : nyantai, easy going, bebas, dan paling menikmati hidup, kecenderungan politik: "sinistra"
O : berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yg detil, kecenderungan politik: "centro"
AB: unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda, kecenderungan politik: -

BERDASARKAN URUTAN :
Yg paling gampang ngaret soal waktu :
1. B (krn nyantai terus)
2. O (krn flamboyan)
3 . AB (krn gampang ganti program)
4 . A (krn gagal dalam disiplin

yang paling susah mentolerir kesalahan orang :
1. A (krn perfeksionis dan narsismenya terlalu besar)
2. B (krn easy going tapi juga easy judging)
3. AB (krn asal beda)
4..O (easy judging tapi juga easy pardoning

yang paling bisa di percaya :
1. A (krn konsisten dan taat hukum)
2. O (demi menjaga balance)
3. B (demi menjaga kenikmatan hidup)
4. AB (mudah ganti frame of reference)

MENURUT SURVEY, GOL DARAH YG PALING DISUKAI UNT JADI TEMAN :
1. O (orangnya sportif)
2. A (selalu on time dan persis)
3. AB (kreatif)
4. B (tergantung mood)

KEBALIKAN NYA TEMAN YG PALING DISEBELIN/TIDAK DISUKAI ;
1. B (egois, easy come easy go, maunya sendiri)
2. AB (double standard)
3. A (terlalu taat dan scrupulous)
4. O (sulit mengala)

MENYANGKUT OTAK DAN KEMAMPUAN :
Yg paling mudah kesasar/tersesat
1. B
2. A
3. O
4. AB

yg paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga:
1. O (jago olah raga)
2. A (persis dan matematis)
3. B (tak terpengaruh pressure dari sekitar. Hampir seluruh atlet judo, renang dan gulat).
4. AB (alergi pada setiap jenis olah raga)

yg paling banyak jadi direktur dan pemimpin :
1. O (krn berjiwa leadership dan problem-solver)
2. A (krn berpribadi "minute" dan teliti)
3. B (krn sensitif dan mudah ambil keputusan)
4. AB (krn kreatif dan suka ambil resiko)

yang jadi Perdana Menteri Jepang rata2 bergolongan darah;
1. O (berjiwa pemimpin)

yang paling gampang nabung :
1. A (suka menghitung bunga bank)
2. O (suka melihat prospek)
3. AB (menabung krn punya proyek)
4. B (baru menabung kalau punya uang banyak)

yang paling kuat ingatan nya :
1. O
2. AB
3. A
4. B

yang paling cocok jadi MC :
1. A (kaya planner berjalan)

MENYANGKUT KESEHATAN :
Yg paling panjang umur :
1. O (gak gampang stress, antibody nya paling joss!)
2. A (hidup teratur)
3. B (mudah cari kompensasi stress)
4. AB (amburadul)

yg paling gampang gendut ;
1. O (nafsu makan besar, makannya cepet lagi)
2. B (makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak)
3. A (hanya makan apa yg ada di piring, terpengaruh program diet)
4. AB (Makan tergantung mood, mudah kena anoressia)

yg paling gampang digigit nyamuk :
1. O (darahnya manis)

yg paling gampang flu/demam/batuk/pilek ;
1. A (lemah terhadap virus dan pernyakit menular)
2. AB (lemah thd hygiene)
3. O (makan apa saja enak atau nggak enak)
4. B (makan, tidur nggak teratur)

Apa yg dibuat pada acara makan2 di sebua pesta :
O. (banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging2an)
A. (ngambil yg berimbang. 4 sehat 5 sempurna)
B. (suka ambil makanan yg banyak kandungan airnya spt soup, soto, baksodsb)
AB. (hobby mencicipi semua masakan, "aji mumpung")

yg paling cepat botak :
1. O
2. B
3. A
4. AB

yg tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunin :
1. B (tetap mendengkur meski ada Tsunami)
2. AB (jika lagi mood, sleeping is everything)
3. A (tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum)
4. O (baru tidur kalau benar2 capek dan membutuhkan)

yg paling cepat tertidur :
1. B (paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur)
2. O (Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah kena ngantuk)
3. AB (tergantung kehendak)
4. A (tergantung aturan dan orario)

penyakit yg mudah menyerang :
A. (stress, majenun/linglung)
B. (lemah terhadap virus influenza, paru-paru)
O. (gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut)
AB. (kanker dan serangan jantung, mudah kaget)

apa yg perlu dianjurkan agar tetep sehat :
A. (Krn terlalu perfeksionis maka nyantailah sekali-kali, gak usah terlalu tegang dan serius)
B. (Krn terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit, meditasi, main catur)
O. (Krn daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai, jalan-jalan)
AB. (Krn gampang capek, maka perlu cari kegiatan yg menyenangkan dan bikin lega).

Sumber : http://filsafat.kompasiana.com/2012/07/25/mengungkap-karakter-seseorang-melalui-golongan-darah/
Powered by Telkomsel BlackBerry®






























Minggu, 02 Desember 2012

Cinta dan Rindu

Cinta bukanlah bilangan waktu,
rindu tak semata asa yg menderu

cinta adalah kesabaran tak berbilang,
rindu adalah rasa yg tercipta kala tak bersanding dg yg qt damba

cinta dan rindu akan bertemu kala ada jarak
cinta dan jarak akan menciptakan rindu
rindu dan jarak tercipta karena cinta

maka jangan biarkan cintamu berjarak,
lebih baik cintamu merindu tanpa adanya jarak
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Rabu, 03 Oktober 2012

Kata-kata indah tentang kesabaran

ket foto : lokasi di Masjid Kubah Emas, Depok, Jabar

Sabar itu...
Satu kata bermilyar makna

Sabar itu...
Jalan panjang tanpa ujung
Jalan yang tak mulus, namun berliku dan penuh perjuangan

Sabar itu...
Ruang tanpa tepi dalam naungan keimanan

Sabar itu...
Tunduk pada skenarioNya
Sebab sayangNya tak hanya berupa senyum bahagia,
Kadang ia berupa tangis penuh lara

Sabar itu...
Tak ada sekolahnya selain dengan menjalani kehidupan itu sendiri

Sabar itu...
Yakin bahwa Allah itu adil
Sebab Allah tak akan memberikan soal ujian tanpa kunci jawaban

Sabar itu...Indah ^_^

*Viana*
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Selasa, 02 Oktober 2012

Resep Camilan Bakwan Tahu


Sore-sore hujan pula...hmm enaknya dingin-dingin gitu ngemil makanan yang anget-anget ditemani teh dan ananda tercinta* Ayah masih di kantor sih hihi.

Akhirnya nemu tahu kuning di kulkas. Mulailah beraksi membuat bakwan tahu atau ada yang menyebut perkedel tahu atau malah dadar tahu. Hehe apapun namanya lah, yang penting bahan tak jauh beda, dan ketika dimakan rasanya juga tetep ada tahunya. Ya kan?

Resep bakwan tahu (ini resep sendiri alias ngarang, bisa dimodifikasi suka-suka juga hehe) :
* 5 biji Tahu --> tadi pakai tahu kuning, tahu putih juga bisa. Tahunya bisa dikukus dulu atau masih mentahan. Hanya kalau tahu kuning dia mengandung garam lebih banyak dibanding tahu putih.
* Wortel --> iris tipis bentuk korek api, besar sesuai selera
* Sayuran lain » tadi nemu taoge karena kubis dah habis. Kecuali tauge sayurnya diiris tipis kayak wortel
* daun bawang diiris tipis
* 1 butir telur ayam, kocok lepas
* terigu secukupnya sampai adonan nanti tercampur
* minyak goreng

Bumbu halus:
* bawang merah
* bawang putih
* gula dikiiit
* garam dikit

Cara membuat:
1. Haluskan tahu (kalau bundanya Azzam alami aja, ngalusinnya pakai uleg-uleg batu hehe)
2. Uleg bumbu halus lalu campur ke tahu yang sudah dihancurkan.
3. Campur dengan sayuran, wortel, tauge daun bawang
4. Tambahkan kocokan telur
5. Campur rata adonan sambil ditambahkan terigu sedikit-sedikit hingga adonan menyatu.
6. Goreng sampai berwarna keemasan.
Siap disantap deh. Mudah dan maknyus kan? :)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Senin, 01 Oktober 2012

Rindu Tanah Kelahiran


Pernahkah berpikir bahwa kita memiliki ikatan yang erat dengan tanah kelahiran kita (selain ikatan dengan keluarga kita tentunya). Dan pernahkah berpikir bahwa kelahiran kita di suatu tempat adalah sebuah 'misi' dari Tuhan dengan kehadiran kita.

Pikiran seperti ini terlintas saat aku merasakan kerinduan pada tanah kelahiranku. Dan sekitar 23 tahun lamanya aku tinggal di sana, dipotong dengan beberapa tahun aku kuliah dan kerja. Waktu selama itu telah memahat kenangan begitu banyak dan sulit dilupakan. Entah bagi kawan-kawan yang cuma 'numpang' lahir di suatu tempat, apakah rasa rindu itu bisa hadir pula?

Dan, saat jauh dari Ngawiku, tanah kelahiranku yang berada di ujung barat Jawa Timur, aku benar-benar menyesaaallll. Huhuhu...rasanya ingin segera terbang ke sana. Bagaimana tidak, foto-foto saat masa kecilku yang mengalami 2x pindahan di rumah dinas bapak di tengah sawah banyak yang ludes terhanyutkan oleh banjir Ngawi. Bahkan kenapa dulu aku tak banyak mengabadikan momen-momen indah saat TK, SD, SMP dan SMA yang masing-masing memiliki kenangan tersendiri sesuai masanya.

*BERDAMAI dengan RASA
 

Yahh, pada akhirnya aku bisa meredakan rasa rindu dan menyesal ini...kalau banjir memang itu di luar kuasa. Saat banjir melanda Ngawi tahun 2007 aku sedang di Surabaya, yang tinggal di rumah hanya ibu dan bapak. Ketika air kiriman itu menggenangi semeter rumah kami, barang-barang kecil atau buku dan majalah koleksiku sejak SD tak terselamatkan.

Sedang kenapa tak banyak foto yang bisa kumiliki karena saat itu gadget canggih belum mampu kumiliki. Meski bapak punya camera, tentu bukan hal bijak jika ke sekolah aku menenteng kamera. Apalagi aku kenal handphone juga baru saat kuliah semester 1, itupun ga pakai fitur camera. Jadi ya jaduuul banget deh.
Gapapa deh, kenangan yang terlihat itu mungkin perlahan memudar, namun kenangan yang tersimpan di hati akan selalu tumbuh dan kian mekar seiring pertambahan usia. Hingga tiba masanya nanti aku akan bercerita pada anak cucu bahwa bunda atau neneknya ini adalah seorang gadis (yang dulu) kecil berasal dari kota kecil di bawah Gunung Lawu.


# saat rindu yang amat sangat pada Ngawiku, tanah kelahiranku. Setting tentang Ngawi telah kuabadikan pada novelku, semoga bisa segera terbit. Aamiin :)
 

Powered by Telkomsel BlackBerry®




Ya Allah, beri aku satu saja di majalah Femina

Alhamdulillah, buku antologiku dan kawan-kawan, "Ya Allah, beri aku satu saja" diresensi media lagi. Kali ini nampang di majalah Femina.

Huhuhu sayang waktu itu ga kebagian majalahnya (edisi 15 bulan Agustus-September). Gapapa lah sing penting bukunya bisa mejeng di majalan kaum hawa yang dah terkenal* padahal yang nulis juga pengen nampang hihihi.

So, karena buku ini sudah semakin sulit dicari di Gramed (atau malah sudah ditarik hiks) buku yang berisi kisah-kisah penantian buah hati beserta ulasan medis dan tips-tips keren ini masih bisa didapatkan di tobuk-tobuk online lho. Semoga keberadaannya menebar manfaat untuk umat. Aamiin
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Ya Allah, beri aku satu saja diresensi majalah Femina

Jumat, 28 September 2012

Cilok iseng ^_^

Sabtu adalah hari berkeluarga...eh, maksudnya hari untuk bersenang-senang dengan keluarga. Pagi-pagi jalan ke pasar belanja buat kebutuhan selama seminggu. Pas nyampe rumah pengen bikin cilok !

Cilok asalnya dari kata 'aci dicolok' alias adonan (tepung, basa Sunda) yang dicolok atau dicocol dengan saus kacang atau saus sambal. Hmm jadi mupeng bayangin.

Akhirnya setelah beberes, segera deh capcus ke dapur n nyiapin perlengkapan bikin cilok :)

Bagi yang mau bikin, ini nih resepnya (nyulik resepnya mba Annisa temen di fb) :
* tepung sagu (bagusnya yang merk pak tani)
* tepung ketan putih (jangan yang hitam loh, nanti malah jadinya bikin kue ketan hihihi)
Ukurannya tepung tadi suka-suka saja, tapi kalau aku biasanya membuat perbandingan 5:2 untuk tepung sagu: tepung ketan putih
* bawang putih
* garam
* air hangat

Cara membuatnya:
1. Haluskan bawang putih bersama garam.
2. Campurkan ulekan bumbu pada tepung sagu dan tepung ketan. Tambahkan air hangat sedikit-sedikit sampai membentuk adonan yang bisa dibentuk bulat-bulat (mau bentuk kotak-kotak atau segitiga juga boleh kok, apalagi bentuk lope hihi) sambil mendidihkan air.
3. Masukkan bulatan-bulatan cilok pada air yang sudah dididihkan. Tambahkan bawang putih iris/ ulek agar makin sedap dan gurih rasa ciloknya.
4. Cilok yang matang akan mengapung di permukaan air.

Nah, sudah jadi. Gampang kan. Bisa divariasi dengan isian telur puyuh atau daging. Siap deh jualan cilok :D
Jangan lupa tambahkan saus kacang atau saus sambal buatan sendiri biar cilok makin istimewa.

*Keterangan foto: ini hasil bulatan yang tidak sempurna karena sambil dipanggil-panggil sama raden mas kecil, "mamaaaa....siniii..." Akhirnya bulatannya ga bulet deh, tapi teteup maknyus lo ^_^
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Senin, 24 September 2012

Kala Kau Menyapa

Ya Allah, kuraslah semua air mata kelemahan ini menjadi binar mata yg bening nan menguatkan.

Jadikan jiwa kami kuat dan lapang menjalani semua episode takdirMu. Jadikan kasihMu selalu memeluk kami dalam harapan. Agar langkah optimis selalu bersama kami, menyertai setiap pilihan kami.

Dunia tak perlu tahu hati qt yg lara, cukuplah Allah sbg tempat berlari.

Allah sedang menyapa kita lebih dekat, duhai cinta....
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tes

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Rabu, 04 Juli 2012

Puisi Cinta*

Cinta butuh kata, meski kata bisa berwujud bunga.

Cinta butuh pembaruan agar slalu bersemi, tidak lantas ketika cinta di tangan ia bisa bersemi sendiri.

Cinta butuh air, sebagaimana bumi membutuhkan hujan untuk menyemai benih cinta

Cinta bisa hadir bak pelangi, saat riuh langit menyapa bumi

Cinta butuh dirimu, sebab jika tanpa dirimu hidup tak akan sempurna

Cinta tak selalu berarti pertemuan tanpa seinci pun jarak, namun bagaiman ketika ada jarak itu kau tetap bertahan dengan cinta yang kau agungkan

Cinta itu kau, separuh jiwaku

Cinta itu aku, tulang rusuk kirimu 

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Senin, 02 Juli 2012

SUSU HALAL BERINOVASI, PAS BANGET !


Ya ASI lah jawabannya. ASI tak akan terbantahkan kehalalannya 100%. Berbagai komposisi nan mengagumkan yang dibutuhkan oleh bayi ada di dalam ASI. Tak ada yang bisa menyamai kandungan ASI. 

ASI adalah pelengkap keajaiban dari sebuah kehamilan. Seorang ibu yang sedang hamil maka tubuhnya pun secara otomatis juga sedang menyiapkan ASI untuk pemenuhan gizi ketika anaknya kelak lahir. Adalah hak bayi mendapatkan ASI dari ibunya.

“Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna...dan jika kamu ingin menyusukan anakmu kepada orang lain, maka tidak ada dosa bagimu memberikan pembayaran dengan cara yang patut..” (QS Al Baqoroh :233)

Hal ini pula yang akhirnya memunculkan IMD alias Inisiasi Menyusui Dini ketika anak baru saja dilahirkan, meskipun anaknya lahir dengan sectio cesarea. Bahkan WHO pun menyarankan pemenuhan ASI eksklusif selama enam bulan dilanjutkan hingga dua tahun. Namun tidak semua ibu bisa menyusui anaknya dikarenakan penyakit ataupun kondisi karena kematian ibu saat melahirkan, ketika ada bencana alam atau hal yang lainnya.

KETIKA HARUS SUSU FORMULA

Keberadaan susu formula diharapkan bisa menjadi alternatif pemenuhan nutrisi yang seharusnya didapat melalui ASI ketika kondisi tidak memnungkinkan untuk memberi ASI, tidak adanya ibu susuan atau donor ASI. Namun susu formula tidak bisa sepenuhnya menjadi pengganti ASI. ASI yang disusu langsung dari ibu akan berbeda komposisinya dengan susu yang diproses dari susu sapi menjadi susu formula. ASI yang disusu langsung lebih ‘pas’ dengan kebutuhan anak, karena komposisinya bisa berubah menyesuaikan kebutuhan anak saat menyusu. Berbeda halnya dengan susu formula yang komposisinya tak bisa berubah-ubah sewaktu diminum. Itulah salah satu kelebihan ASI yang belum bisa disamai oleh susu formula.

Sebisa mungkin anak berusia 0-6 bulan tidak mengkonsumsi susu formula. Usia tersebut ‘wajib’ ASI saja. Namun jika memang kondisi tidak memungkinkan pilih susu formula yang komposisinya tepat untuk usianya. Karena kebutuhan anak sesuai usianya jelas beda. Apalagi kondisi sistem pencernaan pada bayi muda (0-6 bulan) yang masih belum sempurna. Ada beberapa susu formula yang hanya bisa diminum untuk usia 1 tahun ke atas, dua tahun atau sesuai komposisi di dalam susu tersebut. Untuk anak berusia di atas satu tahun akan lebih mudah memilih susu formula yang dibutuhkan (atau diyakini/ disarankan oleh dokter anak).

“Dan sungguh, pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagimu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (berupa) susu murni antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya.” (QS An Nahl : 66)

Susu formula kebanyakan diambil dari susu sapi, selain ada yang berasal dari soya/ kedelai. Susu sapi asalnya adalah halal . Kehalalan susu sapi bisa berubah jika diproduksi lagi menjadi bentuk susu yang lain. Mengingat ada penambahan zat-zat atau enzim yang bisa mengubah kehalalan susu sapi asli menjadi tidak halal.

INOVASI DALAM SUSU FORMULA

Salah satu produsen susu formula yang terus melakukan penelitian dalam hal inovasi yaitu Frisian Flag. Susu formula ini telah saya kenal sejak kecil dan diberikan oleh orang tua saya setiap hari. Saya yang tidak suka susu karena berwarna putih akhirnya menjadi suka minum susu karena ada varian rasa dan warna cokelat dari Frisian Flag (zaman saya dulu lebih dikenal dengan susu bendera).

Dan, inovasi terbaru yang dilakukan oleh Frisian Flag adalah adanya penambahan isomaltulosa dalam produk susunya. Mendengar kata isomaltulosa membuat saya harus membuka kembali catatan kuliah tentang biokimia. Seingat saya isomaltulosa masih berteman dengan maltosa, iso berarti adanya rantai yang sama dalam susunan kimianya. Berikut penjelasannya :

Isomaltulosa adalah salah satu zat karbohidrat alami yang terdapat dalam tebu, madu dan glukosa lainnya. Dalam glukosa, sukrosa lebih umum digunakan sebagai zat pemanis yang biasa dipakai dalam produk makanan. Isomaltulosa lebih lama diserap tubuh. Yang berarti penyediaan energinya bertahan lebih lama dibanding sukrosa. Ditambah lagi isomaltulosa tidak merusak gigi dan bisa menjadi bahan pengganti sukrosa yang baik bagi kesehatan mulut. Maka hal inilah yang menjadi inovasi dari Frisian Flag agar lebih memberikan kebaikan bagi anak-anak karena kandungan susu formula yang lebih baik. Label sebagai susu inovasi yang halal dan sehat untuk pertumbuhan anak pantas disandang Frisian Flag.

SUSU FORMULA DENGAN SERTIFIKASI HALAL MUI

Bertebarannya susu formula di Indonesia harus diiringi dengan sikap selektif, bisa-bisa malah bikin pusing karena bingung milih. Mengingat susu yang dipilih orang tua adalah untuk buah hatinya. Tentu yang terbaik yang akan dipilih para orang tua. Adanya logo sertifikasi halal dari MUI sangat membantu para orang tua untuk yakin dalam memilih susu formula yang halal. apalagi banyak penduduk Indonesia yang beragama Islam. Dan Frisian Flag adalah salah satu susu formula yang telah mendapatkan sertifikasi halal MUI, selain dengan kandungan yang banyak mengandung kebaikan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

ADA YANG PALING PENTING
  
Memilih Susu Inovasi yang sehat dan halal untuk pertumbuhan anak adalah keputusan yang tepat untuk buah hati. Tak perlu pusing dengan banyaknya merk. 

Eits, namun susu formula bukanlah pengganti makanan atau nutrisi. Gizi yang berimbang dengan susu sebagai salah satu komponen di dalamnya lebih baik dibanding dengan hanya minum susu tanpa asupan gizi yang tak seimbang. Mari menjadi orang tua yang cerdas agar anak kita tumbuh sehat dan tangkas. Pilih yang sesuai dengan keyakinan dan pengetahuan. Tak perlu pusing karena sudah tahu yang penting kan?

Referensi :
Al Qur'anul karim 
http://intisari-online.com/read/isomaltulosa-energi-otak-lebih-lama
http://id.wikipedia.org/wiki/Isomaltulosa

Tulisan ini disertakan dalam lomba blog yang diadakan oleh http://halalismylife.blogdetik.com/



Jumat, 29 Juni 2012

Formula Kangen



Kangen ?

Ia hadir kalau dia tak ada di sisi
Berarti adanya bentang jarak

Ia hadir jika masih ada rasa
Berarti adanya cinta

So,

Formula Kangen itu = jarak + cinta ☺
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Rabu, 27 Juni 2012

Genggam Dunia Dengan Ponsel Semudah dan Semurah Menggenggam Cobek

Zaman mahasiswa aku mulai eksis dengan Indosat. Paketnya yang murah meriah sangat cocok dengan kantong mahasiswa yang pas-pasan, sms gratisannya yang banyak pun bisa telepon sana-sini dengan murah. Sampai sekarang pun aku masih setia dengan Indosat, apalagi suami pun juga memakai Indosat semakin murah dan mudahlah komunikasi antara kami.

Dengan keluarga besar pun kebanyakan di antara kami juga menggunakan Indosat, awalnya hanya aku dan sepupu yang sama-sama masih muda dan tentu saja ingin gaul yang memakai Indosat, namun lama-lama para orang tua pun bisa kami kompori untuk memakai Indosat pula, termasuk nenek hihihi. Apalagi sekarang ada “Paket bundling Indosat Mobile dan Nokia berisi Kartu Indosat Mobile dan handset Nokia kini hadir untuk para Wanita Indonesia dengan benefit GRATIS paket Hebat Keluarga Selama 30 Hari dan Layanan Info Wanita” membuat hidup terasa semakin mudah dan indah saja.

Paket bundling Indosat dengan Nokia yang cantik sangat recomended untuk para wanita, paketnya Indosat yang murah dan lengkap dipadu dengan tampilan nokia yang sangat modis. Aku pun makin pede menawarkan agar orang-orang di sekitarku dan yang sering kuhubungi (jika mereka belum memakai Indosat) agar memakai Indosat. Ditambah dengan nasib diriku yang setelah menikah hanya beraktivitas di rumah, otomatis waktu banyak habis di rumah. Kegiatan rumah tangga mulai memasak, mencuci, mengurus anak dan suami dan lain-lainnya sudah sering membuatku kehilangan me time. Maka ketika zaman semakin canggih, zamannya online kebutuhan untuk tetap tersambung dengan keluarga, teman-teman juga mengupdate informasi tetap bisa dilakukan dengan segenggam ponsel saja. Tak perlu khawatir jadi emak katrok deh jika kita bisa gaul dengan dunia maya dan tak miskin informasi dan komunikasi.

Sedang paket Hebat Keluarganya Indosat benar-benar cihuy, kita bisa menelpon sepuasnya ke empat nomor Indosat tanpa kuota menit, bisa mencari lokasi keberadaan keluarga kita. Kalau yang bisa mencari lokasi keluarga penting nih, terutama bagiku yang sering ditinggal suami tugas ke luar kota agar dia tetap terpantau jadi yang di rumah tidak khawatir. Hebatnya lagi paket Hebat Keluarga ini juga bisa digunakan untk mencari informasi tempat-tempat penting saat kita melakukan perjalanan mudik misalnya atau ketika nyasar ke suatu tempat hehe.

Paket Hebat Keluarga ini juga dilengkapi dengan layanan i-chat yang bisa mendapatkan informasi sambil chat, juga ada paket yang berhubungan langsung dengan agama Islam, asyik banget kan apalagi mau puasa neh. Mengintip di webnya Indosat kabarnya paket ini akan dilengkapi pula dengan chat room agar bisa berdiskusi tentang masalah Ibu dan Anak. Nah, kan banyak keuntungan yang bisa diraih hanya dengan ponsel yang besarnya segenggam tangan to? Meski ponsel cuma segenggam tapi dunia bisa kita genggam kan? Ibaratnya tangan kanan pegang cobek nguleg sambal, tangan kiri pegang hape dengan kartu Indosat, yippi !



“Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes “Ponsel Pintar untuk Perempuan Indonesia” yang diselenggarakan oleh EmakBlogger

Jumat, 22 Juni 2012

POLIGAMI, MADU YANG TIDAK SELALU MANIS


Sukses terhebat dalam hidupmu adalah ketika kamu mampu menyatukan keinginanmu dan keinginan-keinginan istrimu (Dr. Mustafa As-Siba’i)

                Saat mendengar kata poligami entah kenapa selalu mengingatkan saya pada sebuah permainan yang beda sedikit dengan poligami, yakni monopoli. Hehe meski tentu saja artinya beda jauh namun di sana ada persamaan, yaitu adanya seseorang yang mendominasi karena kekuatannya, kehebatannya dan kemampuannya. Perbedaannya tentu saja poligami dilakukan oleh laki-laki (kalau pelakunya perempuan maka poliandri), sedang monopoli bisa dilakukan oleh laki-laki atau perempuan, bahkan anak-anak. Ini murni pendapat saya :)

                Bagi saya, monogami itu sebuah pertanggung jawaban yang luar biasa atas sebuah rasa cinta yang hakiki. Kadang kita boleh menilai pasangan kita banyak kekurangan yang mengakibatkan kita melegalkan kata poligami atas dasar kekurangan pasangan (dalam hal ini istri). Kalau saya menilai ketika kita memilih poligami dengan menghadirkan madu dalam biduk rumah tangga yang awalnya merupakan perjanjian dengan saksi Allah antara satu suami dan satu istri, kebanyakan akan malah menimbulkan luka pada istri bahkan tak jarang berujung pada perceraian. Kalaupun toh ada kekurangan istri maka kelebihan pada suaminya lah yang menjadi penutup kekurangan itu. 

Minggu, 03 Juni 2012

Resensi Tahta Mahameru "Senyawa Ayat KAuniyah dan Qauliyah di Mahameru"

Pengantar  RESENSI NOVEL TAHTA MAHAMERU

Bantu klik link berikut
http://www.republika.co.id/berita/senggang/review-senggang/12/06/03/m508is-senyawa-ayat-kauniyah-dan-qauliyah-di-mahameru , ni saya sedang ikut lomba resensi Republika. Terima kasih ^_^



Judul: Tahta Mahameru

Penulis: Azzura Dayana

Penerbit: Republika

Cetakan: 1, 2012

Halaman: viii + 380 halaman



Kesalihan adalah hikmah yang terserak di manapun, termasuk kokohnya gunung, beraraknya gugusan awan, dalam perjalanan menyatu dengan alam, kesederhanaan wahana pedesaan, hingar bingarnya kota atau kemolekan birunya bahari. 

Sebuah kolaborasi yang ritmik digambarkan oleh Azzura Dayana dalam novelnya “Tahta Mahameru”, melalui tokoh-tokohnya yang bertutur dengan manis dan penuh penjiwaan dengan penampilan setting lokasi yang hidup. Salah satu kegemaran penulis yakni backpacker membuat cerita di dalamnya tampak nyata ketika tokohnya berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain, pulau ke pulau, membuat kita merasakan asyiknya berkeliling, serasa berlibur gratis lewat cerita.

Novel ini berkisah tentang jalinan persahabatan antara Faras, seorang gadis desa Ranu Pane di lereng Gunung Semeru dengan Raja Ikhsan, anak ibukota dari latar belakang keluarga broken home yang bertemu ketika Ikhsan melakukan pendakian. Persahabatan yang unik, karena Faras yang sederhana dan penyabar bisa berteman dengan Ikhsan yang angkuh dan jiwanya selalu diliputi dendam. Bahkan, perjumpaan mereka hanya terjadi dalam tiga pertemuan selama tiga pendakian.

Kegigihan Ikhsan untuk bertahan dalam kerasnya jiwa dan dendam yang semakin ia sulut, membuat Faras terketuk mengajak Ikhsan mengenal Allah. Tiga pertanyaan yang diajukan Ikhsan tentang hakikat hidup sebagai hamba Allah belum sempat terjawab. Ikhsan menghilang dengan dunianya tanpa bertemu lagi dengan Faras. Faras yang merasa berhutang jawaban mengejar keberadaan Ikhsan, yang akhirnya mempertemukannya dengan Mareta, sosok yang ternyata berhubungan dengan dendam Ikhsan.

Berhasilkah perjuangan Faras mencari Ikhsan dalam persahabatan uniknya? Dan bagaimanakah nasib Ikhsan dengan dendam yang sulit dipadamkan?

Jumat, 01 Juni 2012

Harap

Berharap pada manusia itu sama artinya dengan meningkatkan kadar siap menerima kekecawaan.

Berharap hanya padaNya sama artinya dengan memupuk rasa bersyukur kita atas kehendakNya yang tak pernah mengecewakan, bisa jadi harapan itu terkabul meski hanya lintasan hati atau menunggu hingga waktu yang menjadi rahasiaNya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Selasa, 29 Mei 2012

Lahiran buku (antologi )kelima "Anak Nakal atau Banyak Akal"

Bismillah

"Woaaaa...."Azzam menangis sambil meronta dari gendonganku. Sepertinya itulah cara balita usia 1,5 tahun untuk menolak berada di lingkungan yang menurutnya tak nyaman. (Viana Akbari, "Huru-hara di Udara Bandara")

Mau tahu apa saja yang dilakukan Azzam dalam penerbangan dari Solo ke Jakarta yang membuat bundanya tak bisa duduk hingga kebal dengan saran pramugari? Atau hampir saja bunda dibawa ke bagian keamanan bandara atau saat penumpang lain terganggu dan masih banyak hal yang dialami oleh Azzam dan orang tuanya?

Kisah di atas adalah pengalaman kami bersama ananda Azzam yang ada dalam buku Antologi vi yang ke-5 "Anak Nakal atau Banyak Akal". Ada ragam kisah bersama anak-anak yang pasti seru. Yuuuukkk dibeli yuk, betapa anak-anak itu benar-benar karunia terindah dengan segala polah mereka :)


Senin, 28 Mei 2012

Bento ala Bunda

Kali ini iseng mengupload bekal untuk ayah Azzam. Karena tak ada bento set ataupun perangkat lainnya jadilah apa adanya seperti ini hasil bekalnya :)

NB : menu nasi dg telur dadar, empal daging, terung balado dan jeruk untuk buah
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Senin, 21 Mei 2012

AKAR

Kadang kita perlu belajar dari akar. Ia nrima meski berada paling bawah dari struktur tumbuhan.
Kerjanya tak terlihat di luar permukaan
Namun tanpa dirinya sebuah pohon pun tak akan sanggup hidup dan berdiri


Teruslah bekerja dan beramal meski dunia tak melirikmu
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Galaumu galauku

Bukan bilangan waktu yang mengikat kita, sama sekali bukan
Pun bukan kehendak manusia yang membuat kita bertahan
Cinta karenaNya yang telah menahtakan hadirnya di hatiku dan
Hatimu


Maka ketika galau menerpamu
Hatiku menjadi bersemu pilu
Ikut karut marut karang ketegaranku


Jika galau masih menghinggapimu
Kuingin agar akulah badai penghalau galaumu
Agar segera kau ingat diriku
Merengkuh cintaku dalam pelukmu
Karena akulah tulang rusukmu
Di dunia hingga nanti ke surga nan penuh rindu
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Jumat, 11 Mei 2012

Tutur Sahabat tentang buku "Ya Allah, Beri Aku Satu Saja"



Judul     :  Ya Allah, Beri Aku Satu Saja
Penulis   :  Nurul Asmayani, Viana Akbari, dkk
Penerbit :  QultumMedia
Tebal     :  xii+264 hal
Cetak I  :  Desember 2011
ISBN     :  979-017-193-5

Setelah menggenapkan separuh dien, keinginan lain yang pasti menyeruak adalah memiliki anak. Ada pasangan yang tidak menunggu lama, namun tak sedikit yang berbilang tahun menanti hadirnya buah hati sang penerus generasi. Jerit tangis, tawa ceria, serta celoteh khas bayi mungil, amat didamba oleh setiap pasangan. Kisah-kisah dalam buku ini menghadirkan aneka pengalaman tentang penantian hadirnya buah cinta dalam rahim ibu.

Kisah yang pertama dituturkan dalam bahasa yang indah, halus, dan menyentuh. Pilihan katanya terbungkus dalam diksi yang menawan. Penantian hingga tahun kedelapan usia rumah tangganya dipenuhi dengan berbagai upaya pantang menyerah demi kehamilan yang didamba. Hingga ending yang memilukan terasa menohok rasa keperempuanan.

Kisah-kisah lain sungguh bertabur hikmah. Betapa sabar dan syukur begitu terjal dilalui. Terapi dan pengobatan yang menyedot rupiah, pun rasa sakit tak terperi yang menyertai. Di sinilah ikhlas menjadi kata kunci. Hatta, kuntum cinta yang dinanti harus berpulang untuk selamanya.

Selain mengayakan jiwa, beragam kisah dalam antologi ini menghidangkan pengetahuan dan meluaskan wawasan. Di penghujung kisah, selalu ada catatan keterangan mengenai istilah-istilah medis yang terdapat dalam penuturan para penulis. Pembaca akan tahu apa itu Kista Endometrium, Oligoteratozoosperma, Abortus Habitualis, Hiperplasia Endometrium, dll.

Ada pula peringatan agar kita waspada terhadap praktik-praktik pengobatan alternatif. Dalam satu kisah diceritakan bahwa telah terjadi pelecehan seksual yang tidak diduga-duga. Benar-benar nightmare!  Seolah pemeriksaan dalam melalui vagina, namun tidak prosedural. Dan itu membuat sang penutur shock, karena merasa kotor, jijik, dan hina.


Selasa, 08 Mei 2012

Problem

Masalah itu kadang perlu mengernyitkan dahi untuk melaluinya,
kadang malah ga perlu dipikir, kadang malah ga perlu dilihat, kadang malah perlu dijejak agar naik tingkat.

Hmm, apapun itu yang penting ketika ada masalah kita sepenuhnya bergantung pada Allah :)

"Hey, problem, I have Allah...bye" :D
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Rabu, 02 Mei 2012

Pendidikan «» Guru

Pendidikan pertama sejatinya adalah tanggung jawab orang tua, khususx ibu sebagai madrasah umat.

Bukan lantas dengan sekolah maka pendidikan adalah tanggung jawab penuh para guru.

Pendidikan anak-anak kita adalah tanggung jawab kita semua. Baik buruknya negeri ini adalah cermin dari pendidikan kita.

Dan semua sumber pendidikan itu dasarnya adalah iman.

#masih ingat pas mau UAN SMU dipanggil guru agar mau ngasih jawaban ke teman :(
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Minggu, 22 April 2012

World Book Day

Selamat Hari Buku Sedunia

Baca, baca, baca
dan tulislah semua yang telah kau baca
dan ajarkan baca, baca, baca dan tulis untuk generasi kita

MencintaiNya lewat buku
agar kelak buku yang kita terima di yaumul hisab akan membuat kita tersenyum

Ayooo segera ambil pena dan teruslah bersemangat menulis buku

NB: jangan lupa beli buku-buku saya juga yaaa :D 
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Rabu, 18 April 2012

Awanku dan awanmu

Meski hakikatnya tak pernah berubah, namun sejatinya awan yang kau lihat di atas seseorang itu sama halnya dengan orang lain melihat naungan awan di atas kepalamu.

Semua episode kita itu sudah ada yg mengatur. Wa la taiasu min rouhillah. Jangan berputus asa dari rahmat اَللّهُ
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Selasa, 03 April 2012

Pena = indera keenam (?)

Bismillah

                Pernahkah berfikir tulisan kita akan menjadi kenyataan di masa yang akan datang? Atau pena yang kita pakai untuk menggoreskan segala rasa dan logika adalah 'indera keena'm kita? Atau tanpa kita sadari kita adalah 'peramal' masa depan kita sendiri (atau orang lain) ?

MENGENAL JAHITAN KATA
                Awalnya aku sekedar menulis gejolak rasa semasa dunia SMA yang berbunga-bunga dengan membuat cerpen yang tentu saja masih picisan dan sangat-sangat tidak sesuai eyd dan kaidah penulisan cerpen. Ada sahabat sma yang membuatku semangat menulis, dan salah satu di antaranya 'menantang' bahwa dalam setiap kurun yang kami sepakati, kami harus bisa menghasilkan cerpen dan nantinya akan dibaca teman-teman sekelas dengan cara kertasnya berpindah tangan ke tangan.

                Waktu itu tak kenal facebook tapi sudah kenal majalah Annida (tahun 2001 gitu loh) jadi media berkomen teman-teman ada di bawah cerpen yang aku buat. Cerpennya pun aku tulis tangan di kertas folio yang biasanya untuk mengerjakan laporan pembukuan. Senang rasanya ada apresiasi pada tulisan amatiranku. Hingga tak disangka-sangka aku diikutkan lomba menulis cerpen bersama sahabat-sahabat yang suka menulis tadi oleh pihak sekolah. Aih, bangganya waktu itu...meski tak menang :) plus sudah punya nama pena, loh (meski nama ini pun juga sekedar temuan lamunan sang abg). Dan hanya dua kali saja rasanya aku mengirim cerpen ke Annida, hihi.

PETAKA YANG BERUJUNG MUSEUM
                Mengerikan sebenarnya menyebut petaka, namun ada hal yang membuatku berhenti menulis, khususnya menulis cerpen (untuk diary aku masih setia menulisinya). Tokoh-tokoh fiksi yang kutuliskan beneran kutemukan kejadiannya di dunia nyata. Sebut saja A yang kupinjam karakter dan segala yang melekat di dirinya, ia kujalankan dengan alur cerpenku, dan hanya kuasaNya, aku mendapati A mengalami kejadian yang kutuliskan di cerpen! Dan itu berulang dengan cerpen-cerpenku yang lain.


Jumat, 23 Maret 2012

Rapuh vs tangguh

Kala kita berpikiran sempit, maka kita pun juga akan terbelit masalah-masalah kecil yg menguras energi besar kita.

Jika kita berpikiran besar, maka kita pun juga akan bisa berpikir luas atas masalah-masalah kita yang sebanding dengan energi besar kita.

Bismillah, just for Allah :)

Kamis, 15 Maret 2012

Heart

Ngilu teriris sembilu
Biru selaras empedu
Terkatup
Terdiam di rongga peristaltik

Hanya seonggok asa
Namun rasa seluas sdmudera
Tak hendak berkata
Meski ia raja
Atau tercekik pemantik angkara

About Friendship ala Viana

Persahabatan itu adalah bayangan diri kita sendiri yang memantul dari sinar hati. Begitu pun sahabat kita adalah pancaran diri kita, karena telah seia sekata, bahkan seiman, hingga satu bagian sahabat tersakiti kita pun akan merasakan deritanya.

Bila hati penuh nista, sahabat pun serupa, suka menebar angkara dan tak ragu berpautan dalam dzalim. Dan bila hati sebening embun, maka persahabatan pun akan seharum semerbak kasturi. Tak ada persahabatan yang indah dan jujur selain hanya ingin berukhuwah karena Allah (Quote by Viana)

Rabu, 14 Maret 2012

LOMBA RESENSI BUKU PENERBIT ZIKRUL HAKIM GROUP  

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam kreatif!

Buku saat ini bukan hanya sekedar bahan bacaan pengisi waktu luang semata. Lebih dari itu buku memiliki peran tersendiri sebagai sesuatu yang menginspirasi serta menyebarkan hal-hal positif yang tentunya berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai penerbit yang konsen menghadirkan buku-buku inspiratif dan berkualitas, Zikrul Hakim Group terus memberikan alternatif bacaan yang segar, menghibur, inspiratif dan tentu saja mencerahkan pembacanya. Ini dibuktikan dengan buku-buku yang telah terbit dan berhasil menarik animo masyarakat luas.
Beberapa buku yang baru saja diluncurkan belakangan ini juga tak kalah menarik, 5 buku inspiratif yang siap memberi warna berbeda pada dunia perbukuan di negeri ini. Kelima buku tersebut adalah Orang Bilang Aku Teroris (Pipiet Senja), Cintaku di Negeri Jackie Chan (Ida Raihan), Catatan Cinta dari Mekkah (Awy Ameer Qolawun), Aku Tidak Membeli Cintamu (Desni Intan Suri) dan Catatan Ibu Bahagia (Leyla Hana).
Untuk itu kami mengajak pembaca sekalian untuk berpartisipasi dalam Lomba Resensi Buku Penerbit Zikrul Hakim Group dengan ketentuan sebagai berikut:


Selasa, 13 Maret 2012

Selasa, 06 Maret 2012

Romantic in the rain

*model Yangti n Akung-nya Azzam. Tetep romantis aja :)

Love

Allah loves us with His way, so don't let Allah leaves us in this way (Islam)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Senin, 05 Maret 2012

Sepenggal Kisah Cinta Ali ra




Ada rahasia terdalam di hati 'Ali yang tak dikisahkannya pada siapapun. Fathimah.Karib kecilnya, puteri tersayang dari Sang Nabi yang adalah sepupunya itu, sungguh memesonanya.
Kesantunannya, ibadahnya, kecekatan kerjanya, parasnya. Lihatlah gadis itu pada suatu hari ketika ayahnya pulang dengan luka memercik darah dan kepala yang dilumur isi perut unta. Ia bersihkan hati-hati, ia seka dengan penuh cinta. Ia bakar perca, ia tempelkan ke luka untuk menghentikan darah ayahnya. Semuanya dilakukan dengan mata gerimis dan hati menangis. Muhammad ibn 'Abdullah Sang Tepercaya tak layak diperlakukan demikian oleh kaumnya!

Maka gadis cilik itu bangkit. Gagah ia berjalan menuju Ka'bah. Di sana, para pemuka Quraisy yang semula saling tertawa membanggakan tindakannya pada Sang Nabi tiba-tiba dicekam diam.
Fathimah menghardik mereka dan seolah waktu berhenti, tak memberi mulut-mulut jalang itu kesempatan untuk menimpali. Mengagumkan!

'Ali tak tahu apakah rasa itu bisa disebut cinta. Tapi, ia memang tersentak ketika suatu hari mendengar kabar yang mengejutkan. Fathimah dilamar seorang lelaki yang paling akrab dan paling dekat kedudukannya dengan Sang Nabi.


Jumat, 24 Februari 2012

Ya Allah, Beri Aku Satu Saja di media

Alhamdulillah buku antologi ke-4, Ya Allah Beri Aku Satu Saja ada di media,

Masuk di list buku baru versi Jawa Pos


ada lagi telah diresensi koran Republika :

Ketika Bu Bidan Ngeblog






Blog bagiku adalah rumah kedua untukku berbagi setelah keluarga dan diary. Tepatnya aku mengenal blog saat kuliah di kebidanan tahun 2008. Aku biasa mengunjungi blog dan menjadikannya sebagai rumah pelarian dari aktivitas kuliah dan praktik kebidanan yang melelahkan bahkan terkadang tidak sesuai dengan nuraniku. Waktu itu blog pertamaku bernama www.asma1001pena.blogspot.com. Aku ingin menjadi asma yang menyuarakan 1000 suara lewat satu penaku. Di sana aku mengkritisi ragam fenomena khususnya yang terjadi dengan dunia kesehatan.

Sampai saat aku kerja di sebuah rumah sakit dan rumah bersalin di kawasan Surabaya, aku masih mengunjungi blogku tersebut, bahkan lewat blog itu pulalah ada seorang laki-laki yang diam-diam mengintaiku lewat blog dan Allah menjadikan kami berjodoh lewat sebuah ta’aruf. Saat aku telah menikah dengan laki-laki yang menjadi suamiku tersebut, ia menunjukkan print out semua artikel dan postingan di blogku. Aku sampai takjub dengan semua itu.

Lomba Menanti Buah Hati di Facebook

Alhamdulillah, buku tentang kisah seputar penatian buah hati yang berjudul “Ya Allah, Beri Aku Satu Saja” telah terbit. Bisa dibaca untuk pasangan yang sedang menanti buah hati, pasangan yang sudah memiliki buah hati bahkan yang belum menikah sebagai bekal jika kelak menikah. Untuk itu, kami ingin menyertakan anda dalam kebahagiaan kami atas lahirnya buku tersebut.

Caranya :
  1. Bikin note singkat di Facebook , panjang 400-500 kata, yang berisi tentang (pilih salah satu):
  •  Apa yang akan anda lakukan jika kelak memiliki buah hati,
  • Apa yang akan anda lakukan untuk buah hati sebagai bentuk ungkapan cinta dan rasa menghargai atas karuniaNya.
Sertakan cover buku "Ya Allah, Beri Aku Satu Saja" di dalam note.

2. Pasang cover buku "Ya Allah, Beri Aku Satu Saja" sebagai PP (Profile Picture) selama periode lomba.
3. Tag note dan info lomba ini ke PJ lomba : Nurul Asmayani dan Viana Akbari serta ke 20 orang temanmu.

Periode lomba: 15-29 Februari 2012

Tersedia empat buah buku "Ya Allah, Beri Aku Satu Saja" untuk empat orang pemenang ^_^.

Menang Lomba ^_^



Ini dia hadiahnya: sebuah buku Rahasia Pengantin Baru dan juga sebuah novel teenlit by mbak Sinta Yudisia. Makasie mbak Leyla :)

Berikut tulisan vi :

Hari kedua setelah akad pernikahanku di Ngawi, aku dan suami pergi ke rumah mertua di Sidoarjo. Dalam perjalanan itu aku merasakan indahnya pacaran, apalagi pacaran halal, karena memang aku tak pernah pacaran sebelumnya dan aku sangat bersyukur aku bisa menikmati pacaran di saat yang tepat. Di bus kami bercerita, saling memandang, berpegangan tangan bahkan beberapa kali aku kecolongan karena suamiku tiba-tiba mencium pipiku. Tempat duduk kami yang di belakang dan tanpa penumpang lainnya di sebelah kami membuat suamiku lancar menjalankan aksinya. Hadooh nekat pisan, hihi.

Tibalah di Kota Sidoarjo, tepatnya di depan RSUD tempat kami menunggu angkot yang akan membawa kami ke sebuah desa di dekat Lapindo. Lama nian menunggu, hari sudah malam pula. Akhirnya untuk mengusir kantuk aku meminta suamiku untuk mendendangkan nasyid. Awalnya nasyid yang romantis namun aku berpikir sepertinya akan lebih romantis jika aku ikut bernasyid.

Jreeenng! Pilihan kami pun jatuh pada nasyid perjuangan "Samudera Kehidupan" Shoutul Harokah. Sambil bernostalgia masa-sama kami kuliah dulu. Lirik nasyid yang ritmik akhirnya membuatku mengepalkan tangan sambil sedikit menggoyangan badan, sedang suamiku mengepalkan tangan sambil melonjak-lonjak persis seperti para mahasiswa yang sedang demonstrasi. Saking asyiknya, mungkin hingga tiga lagunya ShouHar kami lantunkan(kalau ada produser lagu lewat barangkali bisa kecantol duet maut kami, hihi) kami tak menghiraukan tatapan orang-orang di sekitar kami meski mungkin mereka membatin dalam hati, salah tempat mbak kalau mau demo hehe. Memang ya jika sedang fall in love dunia hanya milik berdua, yang lain ngontraaakkkk...*hayoo sini bayar kontrakan ke aye ^_*

Tulisan ini dalam rangka memeriahkan kusinya mbak Leyla Imtichanah..silahkan ikut :) *