Sabtu, 23 Februari 2008

Surat-surat Cinta

Kala hati gundah dan perlu tersiram hujan, sms teman2 inilah yang membuat hati kembali hijau berseri..

"Rasa sakit akan membuatmu lebih kuat, rasa nyeri akan menyadarkanmu bahwa jalan kadang berbatu, rasa malu akan membuatmu mengerti bahwa kau perlu berkaca pada saudaramu jika suatu hari kau lakukan kesalahan. Maka saat itulah kesempatan saudaramu untuk menjadi penolongmu dan saat terbaik memulai perbaikan dirimu..." (TWH, 300707)

"Hidup itu selalu ada harapan dalam keyakinan......selalu ada keteguhan dalam kesabaran........selalu ada hikmah dalam kesyukuran......n selalu ada doa untuk saudaraQ tersayang..." (QV2n, 240108)

"Indahnya persaudaraan adalah saat memberi tak berbalas...da sapa dalam sedih....da doa dalam tangis.....da makna dalam setiap kata....da dukungan saat diri mulai goyah...." (Riz, 07)

"tak ada kata seindah nasihat dan doa yang terlantun dari shabat sejati...walau terbentang jarak namun hatis elalu bertaut..Keep on the ALLAH's way, sist.." (End, 0208)

"resapi sebuah perkenalan karena di situ ada kenangan....
syukuri sebuah hubungan karena ada kerinduan...
hargai sebuah persaudaraan karena itu tali persaudaraan.." (ind, 02028)

"wafer said to chocolate, "We are knowed as the sweetiest, aren't we..?"
Chocolate said "u think that we are the sweetiest..?..Hmm please look at here, the people who read this message is the sweetiest one..." (Riz, 02028)

geng motor bonek

Geng-Motor...Bonek

2 kata itu menimbulkan kengerian tersendiri dengan berbagai asumsi negatif di dalamnya. Apalagi jika kata2 itu digabung...Namun ini realita yang terjadi di bumi para pahlawan..bumi yang sering juga diartikan sebagai buminya arek2 bonek (bondo nekat).

Hal ini kudapati di dekat persinggahaanku selama tinggal di surabaya. Jalan karang menjangan adalah jalan tepat depan rumah. Dan setiap harinya, sekitar jam 23.00 mereka mulai beraksi. trek-trek-an atau kebut2an antar motor membuat malam yang harusnya mulai beranjak hening menjadi riuh. Mereka baru berhenti sekitar pukul 2 dini hari atau bahkan jika malam minggu mereka akan melanjutkan aksinya sampai lepas subuh.

Pernah suatu ketika aku mengantar adik kontrakan ke stasiun di ujung kota ini selepas subuh, dan puluhan motor berjajar di pinggir jalan dengan puluhan pemuda yang nongkrong di trotoar atau bahkan di pembatas tengah lajur kanan dan kiri jalan. Banyaak sekali...Untung tidak terjadi apa2 pada kami, sebab jika keluar rumah kita selalu berpakaian "preman"..berhelm standar, berslayer dan berjaket hehe..

Tadi pagi pun dalam reportase salah satu radio lokal, ada seorang bapak yang mengeluhkan kejadian ini. Namun beliau bilang "ya..mungkin karena energi yang tersisa dari malam minggu, mas" katanya pada broadcaster. Aku yang saat itu mendengar ingin rasanya nambah komentar, sebab itu bukan malam minggu saja..hampir tiap hari !!

jangan sampai kasus geng motor di jabar akan mengimbas daerah lain. Seandainya saja teman2 muslim mau merangkul mereka..ya, minimal aku pernah melihat aktivitas teman2 putera yang "mangkal di warung saat lepas malam" bisa dimanfaatkan...Bermula dari warung kopi berakhir di mushola.


"dismenorhea" (nyeri saat haid)


Dalam istilah kedokteran dismenorhea berarti menstruasi yang menimbulkan nyeri. Hal yang paling sering menimpa kebanyakan perempuan. Bahkan diperkirakan perempuan di Amerika kehilangan 1,7 juta hari kerja setiap bulan akibat dismenorrhea.

Dismenorhea primerTerjadi jika tidak ada penyakit organic,biasanya dari enam bulan sampai tahun kedua setelah menarche (menstruasi yang pertama kali didapatkan perempuan,biasanya perempuan Indonesia pada usia 12-14 tahun. Tapi seiring kemajuan zaman usia itu semakin dini saja). Dismenorhea ini seringkali hilang pada usia 25 tahun atau setelah perempuan hamil atau melahirkan normal.

penyebabya antara lain :
1) Faktor kejiwaanGadis remaja yang secara emosional tidak stabil, apalagi jika mereka tidak mendapat penerangan yang baik tentang proses menstruasi, mudah mengalami dismenore primer. Faktor ini, bersama dismenore merupakan kandidat terbesar penyebab gangguan insomnia.
2) Faktor konstitusi
Faktor ini erat hubungannya dengan faktor kejiwaan yang dapat juga menurunkan ketahanan terhadap nyeri. Faktor-faktor ini adalah anemia, penyakit menahun, dan sebagainya.
3) Faktor obstruksi kanalis servikalis (leher rahim)
Salah satu teori yang paling tua untuk menerangkan dismenore primer adalah stenosis kanalis servikalis. Sekarang hal tersebut tidak lagi dianggap sebagai faktor penting sebagai penyebab dismenore primer, karena banyak perempuan menderita dismenore primer tanpa stenosis servikalis dan tanpa uterus dalam hiperantefleksi, begitu juga sebaliknya. Mioma submukosum bertangkai atau polip endometrium dapat menyebabkan dismenore karena otot-otot uterus berkontraksi kuat untuk mengeluarkan kelainan tersebut.
4) Faktor endokrin
Umumnya ada anggapan bahwa kejang yang terjadi pada dismenore primer disebabkan oleh kontraksi uterus yang berlebihan. Hal itu disebabkan karena endometrium dalam fase sekresi (fase pramenstruasi) memproduksi prostaglandin F2 alfa yang menyebabkan kontraksi otot polos. Jika jumlah prostaglandin F2 alfa berlebih dilepaskan dalam peredaran darah, maka selain dismenore, dijumpai pula efek umum seperti diare, nausea (mual), dan muntah.



Dismenorhea sekunderDismenorhea yang terjadi biasanya berkaitan dengan penyakit pelvis organis (penyakit pada panggul), seperti endometriosis*, radang pelvis, stenosis serviks, neoplasma ovarium atau uterus dan polip uterus.
Dismenore sekunder lebih jarang ditemukan dan terjadi pada 25% wanita yang mengalami dismenore. Penyebab dari dismenore sekunder adalah: endometriosis, fibroid, adenomiosis, peradangan tuba falopii, perlengketan abnormal antara organ di dalam perut, dan pemakaian IUD.


cara mengatasi dismenorhea
Pertambahan umur dan kehamilan akan menyebabkan menghilangnya dismenore primer. Hal ini diduga terjadi karena adanya kemunduran saraf rahim akibat penuaan dan hilangnya sebagian saraf pada akhir kehamilan.
Nyeri juga bisa dikurangi dengan:

- istirahat yang cukup
- olah raga yang teratur (terutama berjalan)
- pemijatan (akan efektif jika dilakukan pada tengah2 bagian pinggang bawah punggung oleh partner kita)
- yoga
- orgasme pada aktivitas seksual
- kompres hangat di daerah perut.
Untuk mengatasi mual dan muntah bisa diberikan obat anti mual, tetapi mual dan muntah biasanya menghilang jika kramnya telah teratasi.
Jika nyeri terus dirasakan dan mengganggu kegiatan sehari-hari, maka diberikan pil KB dosis rendah yang mengandung estrogen dan progesteron atau diberikan medroksiprogesteron.
Pemberian kedua obat tersebut dimaksudkan untuk mencegah ovulasi (pelepasan sel telur) dan mengurangi pembentukan prostaglandin, yang selanjutnya akan mengurangi beratnya dismenore. Jika obat ini juga tidak efektif, maka dilakukan pemeriksaan tambahan (misalnya laparoskopi).
Jika dismenore sangat berat bisa dilakukan ablasio endometrium, yaitu suatu prosedur dimana lapisan rahim dibakar atau diuapkan dengan alat pemanas.
Pengobatan untuk dismenore sekunder tergantung kepada penyebabnya.


Warning : Jangan mudah untuk memilih jalur obat-obatan yang tersedia di pasaran tanpa konsultasi dengan tenaga kesehatan !

*endometriosis : tumbuhnya jaringan endometrium (lapisan terdalam) di luar uterus (rahim)

Sumber : Keperawatan Maternitas, blogdokter.net, ingatan saat kuliah obgyn n pengalaman teman2

"beware ya.."

Saat praktik di Rumah Sakit terbesar di Indonesia Timur ini ada banyak hikmah yang bisa kuambil dan hal2 yang membuatku prihatin….Yang akhirnya mengerucut pada sosok perempuan. Ya,perempuan. Sepakat dengan programnya WHO “Safe Motherhood”

Angka kematian ibu dan angka kematian bayi di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara. Karenanya, hal itu menjadi kegiatan prioritas Departemen Kesehatan pada periode 2005-2009. Prioritas lain adalah pelayanan kesehatan untuk masyarakat miskin; penanggulangan penyakit menular, gizi buruk, dan krisis kesehatan akibat bencana; serta peningkatan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, tertinggal, dan daerah perbatasan serta pulau-pulau terluar.

Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia 2002-2003, angka kematian ibu (AKI) di Indonesia adalah 307 per 100.000 kelahiran hidup, sedangkan angka kematian bayi (AKB) tercatat 35 per 1.000 kelahiran hidup. Depkes menargetkan pada tahun 2009 AKI menjadi 226 per 100.000 kelahiran hidup dan AKB menjadi 26 per 1.000 kelahiran hidup. Gizi kurang Pada tahun yang sama prevalensi gizi kurang pada anak balita akan diturunkan dari 25,8 persen menjadi 20 persen dan umur harapan hidup dinaikkan dari 66,2 tahun menjadi 70,6 tahun.

Menurut Direktur Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Depkes Sri Astuti S Suparmanto, ada empat strategi utama Depkes dalam pembangunan kesehatan. Keempat strategi itu adalah menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat; meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas; meningkatkan sistem surveilans, pemantauan, dan informasi kesehatan; serta meningkatkan pembiayaan kesehatan.

Saat aku mendapat tugas praktik di Ruang Poli Hamil…Senangnya melihat ibu yang sedang berbadan dua, saat itulah ALLAH begitu memperlihatkan kekuasaanNYa…Tak sedikit yang diuji dengan kesulitan-kesulitan. Banyak yang kehamilannya bermasalah, mulai dari yang ringan à hiperemesis gravidarum (muntah berlebihan saat kehamilan) sampai dengan gejala yang sering timbul dan termasuk kriteria berat yakni Hipertensi atau darah tinggi atau pre-eklampsia jika disertai dengan gejala lain seperti bengkak pada tangan dan kaki, serta adanya kandungan protein pada urine bahkan akan menjadi eklampsia jika disertai kejang….

Astaghfirullah…tak hanya itu ujian bagi perempuan…saat hamil muda pun mereka perlu berhati-hati dengan kehamilannya. Perlu adanya kepekaan terhadap perubahan2 sekecil apapun yang terjadi padanya. Jadi ada 6 tanda bahaya kehamilan :
1) Nyeri kepala
2) adanya bengkak pada muka dan tangan
3) perdarahan dari jalan lahir
4) demam tinggi
5) pandangan kabur atau mata berkunang-kunang
6) tidak terasa adanya gerakan janin

Jika ada gejala seperti tersebut di atas segera bawa ke Tenaga Kesehatan atau Instansi kesehatan. Jangan menunggu. Perempuan selalu menunggu keputusan dari suami, keluarga (seringnya mertua) yang malah memperlambat penyelamatan itu. So...kalian punya keputusan sendiri, ok !

"am i pregnan..?"

Hamilkah….? Atau “saya mual-mual 2 hari ini apa saya sudah hamil…?” atau “tanda2 hamil itu apa aja to..?”

Begitulah 3 pertanyaan yang sering muncul dari saudara2 perempuan yang telah lebih dulu diberi kesempatan untuk menjadi ibu….

Pada dasanya ada beberapa hal yang menjadi tanda pasti seseorang disebut sedang hamil. Di antaranya..

  1. Tidak mendapatkan menstruasi selama beberapa lama
  2. Adanya HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang ditunjukkan dengan positifnya test-pack 14 hari setelah konsepsi. Tes yang kurang akurat bila dideteksi pada 4 sampai 10 hari setelah terlambat bulan atau 3 minggu setelah konsepsi.
  3. Adanya nyeri pada payudara atau pembesaran pada payudara
  4. Adanya “morning sickness” atau mual muntah di pagi hari
  5. Adanya Quickening (gerak janin). Pada usia 20 minggu bagi primipara (hamil yang perama kali) dan biasanya pada 16 minggu pada multipara (hamil yang kedua atau seterusnya)

Pemeriksaan yang secara obyektif oleh tenaga kesehatan akan membuat diagnosis kehamilan lebih valid. Jadi jika didapat tanda2 seperti di atas semoga berita bahagia itu akan segera anda dapatkan.

Sumber : Bobak, Lowdermilk. 2005. Maternity Nursing. Jakarta : EGC


Rabu, 20 Februari 2008

Tak ada Yang salah dg Hujan

"Yah, hujan....."

selalu seperti itu hal yang kudengar saat hujan menyapa bumi. Padahal kata guru TPAku dulu, hujan itu rahmat..kenapa tiap kali ia datang orang2 tak menyambutnya seperti saat lampu kembali menyala setelah pemadaman...

Tak mungkin akan ada pelangi jika tak ada hujan,
tak mungkin ada kehangatan saat tak ada dingin..
tak mungkin ada maisyah bagi para pekerja yang waktu kerjanya tergantung hujan...

Maka semoga bukan umpatan atau keluhan saat hujan menyapa kita...sebab ia hadir karena sayangNya...maka semoga kita pun juga jadi makhluk yang tak memandang sinis pada hujan. Ya pandai2 memanajemen aja saat hujan tak kunjung mau berganti tugas dg matahari...


Jumat, 15 Februari 2008

"Rumah Sehat (bukan Rumah sakit)"

Nama adalah Do'a. Kata2 itu yang sering dipesankan oleh orang2 tua. Dan memang kufikir nama juga berpengaruh bagi psikologis manusia di dalamnya.

Lihat dan selami makna kata "Rumah Sakit" ia berarti sebuah rumah yang berisi dengan orang2 sakit (yg ingin sembuh dari sakitnya). Akan menimbulkan sebuah momok tersendiri bagi masyarakat awam yang tdk faham dunia medis. Apalagi jika para petugas dan tenaga medisnya juga "sakit".

Rumah Sehat dari arti luarnya terlihat lebih ramah, jauh mengesankan sebuah optimisme akan adanya kesembuhan atau kesehatan. Bahkan secara psikologis akan membuat sistem di dalamnya pun juga sehat...Sebab saat berkesempatan praktik di Rumah sakit rujukan terbesar, seringkali bukan saja administrasi yang alot (syarat berbelit2..juga kasir yang bertampang murung bahkan dingin), namun juga pelayanan dari tenaga medisnya yang juga tdk ramah dan profesional. Sampai-sampai ada program SASETA (Salam, Senyum, Tanya) yang diwajibkan bagi semua yang bekerja di Rumah Sakit.

Hal paling kontras dari sistem Rumah Sakit adalah Sistem Banking. Coba lihat mulai dari pelayanan terdepan yang bersinggungan dg customer terlihat ramah-ramah...bahkan selalu senyum tak lepas dari wajah mereka. Tak terlihat sebuah sikap dingin atau cuek pada setiap customer yang datang. Bandingkan jika pergi ke Rumah Sakit...!

Lha apa bedanya antara dua sistem itu..? Toh sama saja melayani masyarakat toh..? Hmm tapi sepertinya perbedaan itu terlihat dari tujuan sistem itu tadi. Jika Bank akan mendapatkan uang dari setiap customer yang datang membuat mata ijo, namun jika Rumah Sakit hubungannya dengan masalah2 kesehatan yang membikin stress para tenaga medisnya, belum lagi jika para pasien itu datang dengan keluhan kasus yang patofisiologisnya berat plus pakai ASKESKIN ! Tapi sepertinya hal ini tdk nampak di Rumah sakit "high class" yang pake sandal jepit dilarang masuk..

Orang miskin tambah miskin..Orang kaya makin jaya...

Kalo mau usul ngrubah nama Rumah Sakit jadi Rumah Sehat mesti jadi orang di DepKes Pusat ya..? Atau jadi bu menteri...? Ah, rasanya hal paling mungkin adalah beraliansi dengan link2 yang mau dukung bikin Rumah Sehat ini....

Hero City, saat aku jengah dengan sistem Rumah Sakit yang seperti "kerajaan"....

"QueUe"

Terjemah bahasa indonesianya “antri”..walaupun sesekali saya sering memanggil seorang mbak dg mbak queue...entahlah kenapa ada yang begitu gandrung dg “que” ini ada Soraya Haque..Marissa Haque..

Namun sepertinya hal itu tdk digandrungi oleh orang indonesia yang notabene berotak kerdil..yakni orang2 yang masih memikirkan dirinya sendiri, hanya memikirkan dirinya sendiri...Ia akan berfikir agar ia tak berada dalam antrian panjang itu dg sesekali mendzalimi yg lain. Ya kadang malah curang...

Sedang seorang yang bijak akan berkata “ngantri..? Ga masalah !” sebab ia sadar akan konsekuensi jika ia datang ke suatu tempat yg memang kebutuhannya diperlukan orang banyak dan dalam waktu yg sama.

Sedang orang yang visioner, ia akan memilih menghindari jalur panjang itu dengan berfikir jauh ke depan, sehingga jatahnya tak akan berebut dg yang lain. Ia akan datang lebih dulu jauh sebelum antrian panjang itu dimulai.

“hidup sejatinya adalah perebutan jatah” (tarbawi) dan orang2 yang tak bermalas2an lah yang akan mendapatkannya...

Perempuan

Ah, perempuan
Sejuta kata mewakili penggambaran dirimu
Tak habis2nya kertas di dunia ini menguliti isimu

Makhluk unik dg segala keindahanmu

Rapuh....
Saat hatimu tersentuh oleh sisi manusiawi
Terkadang malah cengeng
Kadang juga kaku....
Sekaku tulang rusuk yg bengkok itu
Yang kan patah saat ia coba diluruskan

Ah, perempuan
Kau juga kuat dengan segala arti bahasa di dalamnya
Tangan2 perkasa yang menggoreskan tinta kepahlawanan
Tak pernah luput dari peranmu di dalamnya

Ah, perempuan
Ronamu adalah pemanis wajah dunia ini
Kecantikanmu adalah pemikat sanubari
Kelembutanmu mampu meruntuhkan pertahanan nurani
Kecerdasanmu mampu menguncang pertiwi
Malumu adalah perhiasan terindah bumi

Ah, perempuan
Kaulah perhiasan terindah mayapada
Saat kau menyadari untuk menjaganya
Saat kau bertanggung jawab atas tugasmu
Sebab syurga tlah menanti
Tuk mengganti pahitnya hidup di dunia
Dg kemanisan cinta abadi tiada tara
Mereguk madu bersama kekasih yang dirimu berasal dari tulang rusuknya

Irji’i ilaa robbiki rodhiyatan mardhiyyatan fadkhulli fi ‘ibadii fadkhuli jannati...
Hero city, 130208

Minggu, 10 Februari 2008

Diam

diam itu mengamati
diam itu mengukur kemampuan lawan bicara
diam itu rendah hati
diam itu menunggu saatnya bersuara
diam itu berfikir
diam itu berdzikir

suatu saat tak boleh hanya diam
saatnya bersuara kau harus teriak lantang
sebab kau tdk terbungkam
atau kau diteriaki sebagai pecundang